Review Samsung Galaxy Note 8: Apakah Pelopor Android Paling Mahal?

Apakah Anda akan membeli ponsel terbaik yang ada di pasaran saat ini?

Setelah adanya masalah pada Galaxy Note 7 di tahun lalu. Kini Samsung telah bekerja keras untuk membalikkan kerusakan akibat bencana tersebut. Dan yang pastinya masih banyak pesaing mereka yang akan membuat lelucon tentang produk keunggulan mereka yang gagal. Dan perusahaan dari Korea ini telah berhasil melepaskan tembakan untuk mengembakikan reputasi mereka dengan di produksinya Galaxy S8 dan S8+ yang sangat baik.

Apakah dengan adanya Galaxy Note 8 yang telah dirilis oleh Samsung akan dapat menggantikan masalah yang disebabkan oleh Galaxy Note 7? Yups, Samsung telah membuktikan diri sebagai salah perusahaan pembuat Smartphone Android terbaik dan terbaik. Dengan catatan Galaxy 8 hanyalah salah satu bukti lain dari fakta tersebut. Harga dari Note 8 ini dibanderol dengan harga 12 jutaan. Dan ini merupakan Android termahal yang saat ini berada di pasaran. Dan hal ini menimbulkan banyak pertanyaan: apa iya ini benar-benar bernilai uang semua?

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 8

1. Prosesor Qualcomm Snapdragon 835 (AS, Eropa), prosesor Exynos 8895 (Asia, seluruh dunia)
2. 6GB RAM
3. 6,3 inch Quad HD+, rasio layar 18,5: 9, layar beresolusi 2960 x 1440, Layar sudah Corning Gorilla Glass 5
4. Kamera belakang beresolusi 12MP dengan kamera Dual Pixel, kamera wide-angle dengan lensa aperture f/1.7, Dual OIS, PDAF, lensa zoom optik 2x dengan lensa aperture f/2.4 dengan OIS, kamera depan PDAF
5. 8MP dengan aperture f/1.7
6. Memiliki internal 64GB, dan juga dapat diupgrade melalui microSD up to 256GB
7. Dual SIM
8. 3G, LTE
9. WiFi, Bluetooth, GPS, A-GPS, sidik jari, teknologi pengenal wajah, pemindai iris, USB Type-C, NFC,
10. Baterai charging 3300mAh
11. Android 7.1.1 Nougat dengan TouchWiz
12. Harga 12 Jutaan

Tampilan edge to edge pada Samsung dijuluki dengan Infinity Display yang memukau sama dengan serie terdahulunya S8 dan S8+. Tentunya Samsung menggunakan teknologi yang sama dengan Galax Note 8, meskipun dalam ukuran yang sedikit lebih besar yaitu 6,3 inch dibanding dengan S8+ yang memiliki layar 6,2 inch. Dan perbedaan ukurannya cukuplah minim. Layar yang lebih besar berarti real estat yang lebih vertikal, bukan horisontal, karena smartphone menggunakan rasio apeksi 18,5: 9, dan resolusi QHD + ditetapkan pada 2960 x 1440.

Samsung memiliki beberapa upaya untuk membuat Galaxy Note 8 menjadi unik dengan tampilannya dan tidak membuatnya sama dengan S8+, karena serie Note memiliki stylus: ponsel ini memiliki desain squarer dibandingkan dengan S8+, dan jelas modul dual-camera. Kedua kamera belakang tersebut didesain dengan bodi dan terdiri dari kamera belakang kembar, yaitu 12MP dengan teknologi Dual Pixel, dengan satu kamera sudut lebar dengan lensa aperture f/1.7, OIS, PDAF dan lensa zoom optik 2x lainnya dengan lensa aperture f/2.4 dengan OIS dan PDAF. Pemindai sidik jari terletak di sebelah kanan kamera. Seperti perangkat andalan Samsung lainnya, Galaxy Note 8 diberi IP68 (water resistent).

Penempatan tombolnya sama dengan Galaxy S8+, dengan tombol power di kanan dan tombol volume rocker dan juga Bixby di sebelah kiri. Di bagian bawah terdapat port USB Type-C, grill speaker dan juga jack 3.5mm.

Selain memiliki layar yang cantik, Anda juga akan melihat kamera depan 8MP dengan aperture f/1.7 di bagian depan, serta memiliki layar kunci pemindai iris (iris scanner). Samsung membawa kembali pemindai iris yang ada di Galaxy Note 7 untuk keamanan yang lebih baik.

S Pen yang dimiliki oleh Galaxy Note 8 sama dengan yang ada di Galaxy Note 7. Anda akan mendapatkan stylus dengan tingkat sensitivitas tekanan 4.096 dan ujung S Pen nya 0,7 mm yang akan memungkinkan kerja dan menulis lebih menyenangkan, dan akan sangat bermanfaat jika Anda seorang seniman. S Pen dari Galaxy Note 8 ini juga memiliki sertifikasi IP68. Samsung juga melemparkan beberapa trik baru ke gudang senjata S Pen: Anda dapat memotret cepat dan cepat di layar saat layar dimatikan, menerjemahkan mata uang asing dan bahasa dengan cepat hanya dengan meletakkan pena di atas mereka, seperti Begitu juga menulis catatan tulisan tangan untuk dikirim via Facebook Messenger.

Tampilan Infinity Display yang dimiliki Samsung Galaxy Note 8 ini sangatlah istimewa. Jika dibuat untuk menonton video atau film akan seperti menonton di bioskop. Anda benar-benar harus melihatnya dan mencobanya sendiri untuk melihat betapa baiknya panelnya.

Seperti pada Galaxy S7 dan juga Note 7, Samsung kembali menggunakan prosesor yang dia pilih di Galaxy S8 dan S8+ pada Galaxy Note 8, yaitu chipset Exynos 8895 milik mereka sendiri. Jika Anda berada di luar Asia, Anda akan mendapatkan prosesor Snapdragon 835 Qualcomm. Apapun chipsetnya, Galaxy Note 8 akan hadir dengan RAM 6GB, 2GB lebih banyak dari S8 dan S8+, beserta penyimpanan internalnya mencapai 64GB dan juga bisa ditambah dengan memory Eksternal up to 256GB. Samsung telah menyebutkan versi perangkat 128GB yang lebih lapang yang akan mulai dijual nanti, meskipun mereka mengatakan bahwa hanya Versi 64GB dari Note 8 yang akan tersedia di Filipina.

Exynos 8895 adalah prosesor yang cukup ampuh untuk sebagian besar, dan sudah mampu melewati semua aplikasi Android saat ini tanpa adanya masalah. Dengan dibekali RAM 6GB yang dikasih Samsung dengan murah hati, telepon akan terasa halus saat menavigasi UI TouchWiZ, UI Samsung yang dikirimkan dengan setiap perangkat yang mereka tawarkan. Sama seperti ponsel display melengkung lainnya yang mereka jual, Anda dapat menyesuaikan panel tepi dengan kontak favorit atau akses cepat ke aplikasi aplikasi yang paling sering Anda gunakan.

Kita sedikit kecewa dikarenakan Samsung hanya menyertakan penyimpanan internal 64GB di Galaxy Note 8, mengingat harganya yang WOW. Flagship 10K lebih murah sudah menawarkan penyimpanan sebesar 128GB sebagai standarnya.

Samsung meluncurkan Galaxy S8 dan S8+ beberapa bulan yang lalu, dan dilengkapi dengan Bixby yang merupakan merupakan asisten AI-driven mereka, meski belum sepenuhnya 100%. Tetapi Kali ini seputar usaha AI dari perusahaan Korea lebih fleshed, dan Bixby sekarang bisa mengerti dengan perintah suara. Set up mengharuskan Anda untuk membaca beberapa kata sehingga Bixby dapat menyimpan suara Anda di database-nya, dan setelah itu Anda dapat mulai menggunakannya melalui tombol Bixby yang secara khusus berada di samping atau melalui suaranya. Bixby tidak sepenuhnya disertakan dibandingkan dengan Asisten Google, dan masih ada beberapa aplikasi non-asli yang tidak dapat diakses (Spotify) namun Samsung menjanjikan bahwa hal itu akan berubah seiring berjalannya waktu.

Dual Camera Beast

Perubahan terbesar untuk seri Note di tahun ini adalah penambahan dual rear camera. Dual kamera telah menjadi titik penjualan utama untuk smartphone selama beberapa tahun sekarang. Namun Samsung akhirnya memeluk tren baru. Note 8 memiliki sensor kamera Dual-Core kembar 12MP di bagian belakang, memanfaatkan banyak perangkat keras kamera yang sama yang ada di S8 dan S8+. Kamera belakang memiliki kamera wide-angle dengan lensa aperture f/1.7, OIS dan PDAF, sedangkan lensa kamera sekunder memiliki lensa zoom optis 2x dengan lensa aperture f / 2.4 dengan OIS dan PDAF.

Meskipun tidak sulit untuk menemukan keunggulan kamera ganda di akhir-akhir ini, implementasi teknologi Samsung tampaknya akan menjadi yang paling solid. Ponsel ini mengambil foto dengan sangat bagus dalam berbagai situasi pencahayaan. Teknologi dual-camera yang dimiliki Samsung adalah yang pertama di Smartphone yang sudah memiliki OIS pada kamera zoom sekunder, sesuatu yang tidak dimiliki oleh iPhone 7 Plus, yang akan menjadikan foto bebas dari blur. Sama seperti smartphone dual camera lainnya yang ada di pasaran saat ini, Samsung Galaxy Note 8 ini juga bisa menambahkan efek blur buatan saat memotret. Ada juga persyaratan jarak minimum untuk pengambilan gambar ini seperti yang diminta oleh telepon.

Baterai sudah cukup untuk sehari-hari

Setelah bencana yang dialami oleh Galaxy Note 7, kita tidak bisa benar-benar menyalahkan pihak Samsung karena menggunakan baterai yang lebih kecil untuk Galaxy Note 8 nya. Ponsel ini telah dilengkapi dengan baterai 3300mAh, yang beberapa mAh kurang dari apa yang dimiliki seri Galaxy Note 7. Jika Anda meletakkan perangkat dalam mode kinerja yang mendorong konsumsi daya lebih tinggi lagi, bukan dari pertanyaan bahwa Catatan 8 akan kehabisan jus sebelum hari Anda berakhir. Syukurlah telepon memiliki fungsi pengisian cepat ditambah pengisian nirkabel untuk mengatasi hal ini. Dan seperti telepon lain yang dibuat oleh Samsung setelah bencana Catatan 7, baterai untuk Catatan 8 semuanya melewati pemeriksaan keamanan 8 poin Samsung untuk meningkatkan keamanan dan keandalan.

5

Putusan: Ini adalah ponsel dual-kamera terbaik yang ada di pasaran

Samsung akhirnya berhasil melepaskan stigma yang gagal mengungguli andalan tahun lalu dengan Galaxy Note 8. Ini adalah penawaran unggulan papan atas lainnya yang memiliki penerapan teknologi dual-kamera terbaik yang pernah kami lihat sampai saat ini.

Ini juga merupakan andalan Android paling mahal yang ada saat ini, masuk di Indonesia 12.999.000. Itu menjafikan ponsel besutan Samsung ini tidak terjangkau oleh kebanyakan orang di pasar untuk menjadi andalan sebagian besar penggemar Samsung.

Sementara beberapa pengguna seri Note dengan senang hati akan mengeluarkan uang tunai untuk Note 8.

 

Sumber: www.unbox.ph

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *